Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Braille pada Siswa Kelas 1 di MTs Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam Yogyakarta tahun 2010-2011

Saepudin, Asep (2012) Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Braille pada Siswa Kelas 1 di MTs Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam Yogyakarta tahun 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)

Abstract

Pelajaran Al-Qur`an merupakan satu bidang studi yang sangat penting, dan harus diberikan kepada siswa dalam tiap jenjang pendidikan, dan diberikan kepada setiap umat yang beragama islam tanpa terkecuali, baik itu cacat jasmani ataupun normal jasmaninya. Para ulama islam terkemuka telah menempatkan pembelajaran Al-Qur`an sebagai prioritas utama dan yang pertama diberikan kepada siswa disesuaikan dalam setiap jenjang pendidikannya. Karena penelitian ini memiliki latar siswa tunanetra, maka secara teori jelas lebih sukar dalam mengemas materi pembelajaran sehingga dapat mereka terima dengan baik, maka dari itu diperlukan penanganan khusus dan metode pembelajaran tertentu pula, agar mata pelajaran Al-Qur`an benar-benar dapat diterima dan difahami dengan baik sekaligus dapat mudah diamalkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, berdasarkan uraian di atas, penulis teratarik mengadakan penelitian ini, dengan rumusan masalah bagaimanakah implementasi pembelajaran Al-Qur'an dengan huruf braille bagi siswa tunanetra di MTs LB YAKETUNIS Yogyakarta. tujuan dari penelitian ini, yaitu, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Al-Qur'an melalui metode braille bagi siswa tunanetra di MTs LB YAKETUNIS Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Yaketunis Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analistik, yang menggambarkan realitas empirik dibalik fenomena yang ada secara mendalam, rinci dan tuntas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Al-Qur`an braille merupakan sistem tulisan braille yang sudah dikonversikan ke dalam kode tulisan arab, digunakan untuk para tunanetra. Adapun tujuan dari pembelajaran Al-Qur`an Braille yaitu mencakup 3 aspek diantaranya, afektif, kognitif dan psikomotor. Proses penyampaian materi Al-Qur`an braille bagi siswa tunanetra MTs Yaketunis dilakukan seperti pada siswa awas lainnya, yang membedakan adalah abjad arab yang ditulis dengan kode-kode Braille arab. Metode yang dipakai oleh guru dalam penyampaian materi sudah bervaiasi, yaitu : metode ceramah, metode tanya jawab, metode driil, metode pemberian tugas dan metode tutor sebaya. Evaluasi yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, meliputi : evaluasi harian, yaitu evaluasi yang dilakukan sehari-hari, evaluasi ini bisa dalam bentuk post test pada akhir pelajaran baik itu berupa tugas pekerjaan rumah ataupun hafalan materi yang telah disampaikan. Dan yang ke dua adalah evaluasi ulangan umum atau semester. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Qur`an, terdapat kendala-kendala. Baik itu yang dihadapi oleh siswa itu sendiri, ataupun lingkungan yang terkait dalam komponen pembelajaran. Sehingga sedikit besarnya dapat berpengaruh terhadap tujuan dari pembelajaran yang hendak dicapai. Diantara kendala tersebut seperti masalah tenaga pengajar, yang secara kuantitas masih kurang. Selain itu yang tidak kalah penting adalah faktor sarana belajar yang masih sangat minim, terutama buku panduan guru dan siswa, yang menyebabkan banyak materi yang tidak dapat disampaikan tepat pada waktunya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Al-Qur`an, huruf braille
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2012 07:57
Last Modified: 20 Mar 2012 07:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17413

Actions (login required)

View Item View Item