Studi Filosofis Tentang Sejarah Berdiri Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali

Matsaini, Matsaini (2012) Studi Filosofis Tentang Sejarah Berdiri Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Islam adalah agama yang paripurna, komplit, tidak ada cacat sedikitpun, menjadi solusi segala problematika kehidupan manusia, mengatur ekonomi, politik, budaya, dan pendidikan. Dalam hal pendidikan, Islam sangat memberikan perhatian agar pemeluknya senantiasa tidak meninggalkan pendidikan karena setiap orang pasti menjadi pendidik dalam bidang apapun. Pengajaran agama Islam kepada anak tidak bisa maksimal jika tidak ada fasilitas yang dapat mendukung pembelajaran. Fasilitas itu dapat berupa gedung sekolah sebagai tempat anak menimba ilmu. Maka, karena Simo merupakan daerah santri yang kuat dan masyarakatnya berpendidikan tinggi serta adanya keinginan untuk mendirikan istitusi yang bernuansa islami guna menambah wawasan keagamaan generasi muda, maka didirikanlah sekolah dasar Islam yang memadukan antara mata pelajaran eksak dengan agama. Sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali adalah salah satu dari lembaga pendidikan Islam yang memadukan antara pelajaran eksak dengan agama. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa dasar pemikiran didirikannya sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali dan bagaimana sejarah perkembangannya, serta bagaimana respon masyarakat terhadap keberadaan sekolah SDIT Al-Falaah Simo Boyolali. Berkaitan dengan masalah yang dirumuskan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar pemikiran didirikannya sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali, untuk mengetahui sejarah perkembangannya, dan untuk mengetahui respon masyarakat terhadap keberadaan sekolah tersebut. Dengan tujuan tersebut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan khazanah ilmu pengetahuan tentang pentingnya sekolah dasar Islam yang bernuansa islami. Searah dengan penelitian tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penentuan sumber data, dan metode pengumpulan data melalui interview, dokumentasi, dan observasi. Kemudian tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data dan disajikan dalam bentuk narasi, dan yang ketiga adalah penarikan kesimpulan. Sedangkan, metode penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan cara berpikir induktif. Dari hasil penelitian diketahui, bahwa berdirinya sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali didorong oleh banyaknya permintaan masyarakat Simo mengingat Simo Boyolali merupakan kota santri yang mana masyarakatnya kuat dalam memegang agama. Disamping itu, didirikannya sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Al-Falaah Simo Boyolali karena belum adanya sekolah dasar Islam yang memadukan antara kurikulum Depag dan kurikulum Diknas di Simo Boyolali Jawa Tengah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, fasilitas sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2012 07:20
Last Modified: 20 Mar 2012 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item