Peranan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an di Pusdiklat TPA Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Propinsi Jawa Tengah

Anwar, M Yusril (2012) Peranan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an di Pusdiklat TPA Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Propinsi Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) adalah salah satu lembaga yang dapat berperan aktif meningkatkan pendidikan agama. TPA yang ada saat ini, masih berjalan sendiri-sendiri tanpa ada arahan. Belum adanya lembaga yang konsentrasi mengurusi lembaga non formal tersebut, dan terkesan hanya sekedar aktifitas sampingan, sehingga terkesan asal-asalan dan hanya asal jalan, sampai muncul istilah "gratisan". Berangkat dari kondisi tersebutm, perlu adanya suatu pelatihan khusus mengenai cara mengelola yang baik, kemudian munculah yang disebut diklat manajemen TPA yang dibuat oleh Dewan Da’wah Jawa Tengah untuk mengatasi masalah yang terjadi, sehingga pengelolaan TPA dapat berjalan dengan baik. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1). bagaimana peranan DIKLAT manajemen TKA-TPA di Dewan Da’wah Jawa Tengah dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan TPA. (2). Apakah faktor-faktor pendukung dan penghambat dari progam DIKLAT manajemen TKA-TPA Dewan Da’wah Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap peranan DIKLAT manajemen TKA-TPA di Dewan Da’wah Jawa Tengah dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan TPA serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dari progam DIKLAT manajemen TKA-TPA Dewan Da’wah Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia propinsi Jawa Tengah. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pengurus Dewan Da’wah Jawa Tengah, Penanggung Jawab PUSDIKLAT TPA, pemateri, serta yang berwenang mengurusi pusdiklat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adanya diklat ini mampu menjadi solusi, setidaknya dengan meminimalisir masalah-masalah yang ada. Menjawab berbagai persoalan yang ada dengan memberikan solusi dan pencerahan agar dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada, sehingga sistem pengelolaannya dapat berjalan dengan baik dan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan diklat manajemen TPA dalam upayanya meningkatkan kualitas pengelolaan TPA, mempunyai peranan yang cukup penting dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas dari pengelolaan TPA yang ada dan pembentukan manajemen TKA-TPA/TPQ yang baik dan benar. Diklat manajemen TPA dilakukan dengan memberikan pelatihan dengan materi yang berkenaan dengan manajemen TPA, seperti harus adanya kelembagaan, kurikulum yang jelas, guru yang berkualitas dan profesional, dan lain sebagainya. Adanya langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses pengelolaan TPA, seperti, manajemen organisasi, manajemen keuangan, manajemen administrasi dan juga manajemen SDM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, diklat Manajemen, Peningkatan Kualitas Pengelolaan TPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2012 05:55
Last Modified: 20 Mar 2012 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item