Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Make a Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Ahmad, Syaiful (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Make a Match Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten karanganyar Tahun pelajaran 2011/2012 Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar. penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas(PTK) dengan pola penilitian siklus. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari hasil tes, observasi, dan wawancara, sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumen, literatur, dan arsip sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan menulis puisi, observasi untuk mengamati partisipasi siswa dan wawancara dengan guru untuk mengumpulkan data proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Ada peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan mengunakan metode Make a Match. Peningkatan menulis puisi tersebut diketahui dari dari tes kondisi awal siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 63,27 dan termasuk dalam kategori cukup baik. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,36 dan termasuk dalam kategori cukup baik.Dengan demikian ada peningkatan dari kondisi awal sebesar 10,09. Pada siklus II nilai rata-rata yang di capai adalah sebesar 82,73 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan yaitu sebesar 9,36 dari hasil siklus I dan 19,45 dari kondisi awal.2) Ada perubahan sikap atau perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Kemampuan menulis puisi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Mar 2012 05:07
Last Modified: 20 Mar 2012 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17406

Actions (login required)

View Item View Item