PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENGOPTIMALAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ARITMETIKA SOSIAL

SUNDARI, FAJAR (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENGOPTIMALAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Deapan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkankan pemahaman konsep aritmetika sosial melalui strategi Contextual Teaching and Learning dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pemberi tindakan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Gondang yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek penelitian adalah pemahaman konsep. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan pemahaman konsep aritmetika sosial yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep yang meliputi: 1) kemampuan siswa membedakan contoh dan bukan contoh sebelum tindakan 6,3%,dan diakhir tindakan 28,1%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan media dalam materi sebelum tindakan 0%,dan diakhir tindakan 31,3%, 3) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berkenaan dengan konsep sebelum tindakan 9,4%,dan diakhir tindakan 81,3%, 4) kemampuan siswa mendefinisikan konsep atau menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 3,1%, dan diakhir tindakan 18,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi Contextual Teaching and Learning dengan pengoptimalan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep aritmetika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Strategi Contextual Teaching and Learning, Barang Bekas, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Mar 2012 11:06
Last Modified: 19 Mar 2012 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item