Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Information Search dengan Media Koran pada Kelas VI SDN Sumber VI Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

MURTININGSIH, DEWI SRI (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Information Search dengan Media Koran pada Kelas VI SDN Sumber VI Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_SKRIPSI_HALAMAN_DEPAN_DEWI.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3-SKRIPSI_BAB_01-DEWI.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
SKRIPSI_BAB_II-dwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
SKRIPSI_BAB_III-dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
SKRIPSI_BAB_IV_DEWI-OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
SKRIPSI_BAB_V-DEWI-OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
4-DAFTAR_PUSTAKA_DEWI.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN_DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang hanya menginformasikan fakta dan konsep melalui ceramah saja, mengakibatkan kurangnya perhatian siswa pada pelajaran PKn. Keaktifan pembelajaran siswa pada mata pelajaran PKn berpengaruh pula terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terbukti hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SDN VI Sumber, nilai ulangan yang diadakan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari 34 siswa kelas VI pada setiap ulangan harian selalu ditemukan bahwa hasil anak yang mampu mendapatkan nilai di atas KKM 65 tidak lebih dari 50%. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Sumber VI Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 melalui metode pembelajaran information search dengan media koran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Sumber VI Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan analisis interaktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Proses pembelajaran dilakukan dalam beberapa tahap: a) Tahap awal, guru mengabsen siswa dan menanyakan kepada siswa apakah materi sudah diberikan oleh guru, teknik apa yang sudah dipelajari, dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran; b) Tahap kedua, menyampaikan materi dengan jelas dan lengkap serta urut, menegaskan kembali aturan yang dipakai pada teknik pembelajaran information search, menuntun siswa menemukan prinsip-prinsip pengerjaan yang akurat, memberikan latihan secara berjenjang; c) Tahap ketiga, penjelasan tambahan jika diperlukan. Kemudian pada siklus II dilakukan dengan meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran dengan merefleksi kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung; (2) Berdasarkan analisis data diketahui ratarata kelas dari pra siklus sebesar 61,20 meningkat pada Siklus I menjadi 66,40 bahkan kemudian meningkat lagi pada hasil Siklus II menjadi 75,10. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa “melalui metode pembelajaran information search dengan media koran dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VI SD Negeri Sumber VI Kota Surakarta tahun pelajaran 2011/2012”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, information search, media koran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 11:05
Last Modified: 19 Mar 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17396

Actions (login required)

View Item View Item