Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo Tahun Ajaran 2011/2012

Muslikah, Umi (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo tahun ajaran 2011/2012 ?” Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo tahun ajaran 2011/2012. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, serta daftar nilai kelas V SD N Kedawung Jumapolo. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini, kondisi awal sebelum tindakan 64,7% siswa belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I data siswa menunjukkan 58,8% siswa yang tuntas dalam belajar, dan pada Siklus II 88,2% siswa yang sudah tuntas dalam belajar. Sedangkan nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah sangat kurang yaitu 57,8 setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 66,65. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 73,76. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan peneliti, disimpulkan bahwa metode Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Kedawung Kecamatan Jumapolo Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:44
Last Modified: 19 Mar 2012 10:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17394

Actions (login required)

View Item View Item