ASTUTI, YUNI DWI (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode LSQ (Learning Start With A Question) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gentan I Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (148kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran aktif learning start with a question. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gentan I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil: 1) penerapan metode pembelajaran aktif learning start with a question dapat meningkatkan respon dan keaktifan siswa, yang meliputi: a) kesiapan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 40% (8 siswa), pada siklus I sebesar 60% (12 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 85% (17 siswa), b) kedisiplinan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 45% (9 siswa), pada siklus I sebesar 75% (15 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90% (18 siswa). c) Kemampuan bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 40% (8 siswa), pada siklus I sebesar 55% (11 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 85% (17 siswa), d) kemampuan menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 30% (6 siswa), pada siklus I sebesar 65% (13 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90% (18 siswa), e) keaktifan berpendapat sebelum dilakukan tindakan sebesar 25% (5 siswa), pada siklus I sebesar 50% (10 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80% (16 siswa), serta 2) penerapan metode pembelajaran aktif learning start with a question dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai KKM yaitu ≥70 sebelum dilakukan tindakan adalah 30% (6 siswa), pada siklus I sebesar 65% (13 siswa) dan akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90% (18 siswa). Kata kunci: metode pembelajaran aktif learning start with a question, hasil belajar, keaktifan siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rak A510/2012-04 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Mar 2012 10:33 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17392 |
Actions (login required)
View Item |