Peningkatan Pemahaman Operasi Hitung Pengjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Melalui Permainan Kartu Bridge Pada Siswa Kelas II SDN 01 Gemantar Jumantono Pada Mata Pelajaran Matematika

KRISTINAWATI, ENIK (2012) Peningkatan Pemahaman Operasi Hitung Pengjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Melalui Permainan Kartu Bridge Pada Siswa Kelas II SDN 01 Gemantar Jumantono Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah bagi siswa kelas 2 SD Negeri 01 Gemantar tahun pelajaran 2011/2012 melalui penggunaan media kartu bridge. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai samplingnya adalah siswa kelas II SD Negeri 01 Gemantar Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu pengumpulan data,reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar matematika pada operasi hitung bilangan cacah penjumlahan dan pengurangn melalui permainan kartu bridge setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media kartu bridge. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 6,56 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 7,30 dan pada siklus III mencapai 8,67. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran kartu bridge dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SD Negeri 01 Gemantar Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Kartu Bridge
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:23
Last Modified: 19 Mar 2012 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item