Penggunaan Media Model Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Bangun Datar Siswa Kelas V Semester Ii Tahun Ajaran 2010/2011 Sd Muhammadiyah Plosorejo

Mahendra , Erix (2012) Penggunaan Media Model Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Bangun Datar Siswa Kelas V Semester Ii Tahun Ajaran 2010/2011 Sd Muhammadiyah Plosorejo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV__Autosaved_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep bangun datar menggunakan media model bangun datar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Tahun 2010/2011.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan ada 15 siswa dari 20 siswa yang belumtuntas, dengan pembelajaran sesudah dilakukan tindakan kelas yakni pada pembelajaran siklus I dengan hasil dari 20 siswa terdapat 11 siswa belum tuntas. Melalui kolaborasi antara teman sejawat dengan guru dilaksanakanlah skenario pembelajaran siklus II menunjukkan hasil peningkatan dan ketuntasan belajar siswa ada 15 siswa atau 75 % dari 20 siswa yang telah mencapai ketuntasan materi, atau tinggal 5 siswa yang belum tuntas. Ketidaktuntasan pada siklus II dilaksanakanlah pembelajaran pada siklus III dengan hasil 18 siswa atau 90 % siswa mencapai tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa pengunaan media model bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep bangun datar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Model Bangun Datar , Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:17
Last Modified: 19 Mar 2012 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item