Penggunaan Strategi Keep On Learning Dengan Mengoptimalkan Linkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mrningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pebelajaran IPA Kelas V Di SDN Karangasem 1 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran2011/2012

Hapsari, Tika Yuni (2012) Penggunaan Strategi Keep On Learning Dengan Mengoptimalkan Linkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mrningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pebelajaran IPA Kelas V Di SDN Karangasem 1 Laweyan Surakarta Tahun Ajaran2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA menggunakan strategi pembelajaran Keep on Learning dengan mengoptimalkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Karangasem 1 Laweyan Surakarta yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan soal tes sebagai data pendukung. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Bertanya sebelum tindakan (pra siklus) 12,72 % dan setelah tindakan siklus I 41,81 % dan siklus II 76,36%, 2) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan (pra siklus) 23,63 % dan setelah tindakan siklus I 63,63% dan siklus II 89,09%, 3) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan (pra siklus) 27, 27 % dan setelah tindakan siklus I 72,72% dan siklus II 94,54%, dan 4) Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sebelum tindakan (pra siklus) 16,36 % dan setelah tindakan siklus I 58,18 % dan siklus II 83,63%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Keep on Learning dengan mengoptimalkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran IPA, strategi keep on learning, lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:05
Last Modified: 19 Mar 2012 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item