Peningkatan Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 03 Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun 2011 / 2012 (Sebuah Studi Kasus Siswa yang Mengalami Kesulitan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia)

Tarwantini, Ari (2012) Peningkatan Membaca Siswa Kelas I SD Negeri 03 Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun 2011 / 2012 (Sebuah Studi Kasus Siswa yang Mengalami Kesulitan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penyebab kesulitan membaca siswa kelas I SD Negeri 03 Matesih; (2) Mengetahui cara untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri 03 Matesih. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pembimbing saat penanganan dan siswa kelas I SDN 03 Matesih yang mengalami kesulitan membaca. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik studi dokumentasi, wawancara, dan pengamatan. Instrumen yang digunakan meliputi kompetensi dasar acuan, lembar kerja siswa, lembar pengamatan, dan lembar evaluasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deret waktu. Penanganan kasus dilakukan dengan model pembelajaran Reading Recovery yang ditempuh dalam 3 fase. Hasil penelitian ini, diketahui anak jarang belajar membaca di rumah. Nilai pre-tes pada awal penanganan siswa untuk membaca 67,5 dan menulis dikte 77, 5. Akhir fase I mendapat nilai membaca 77, 5 dan menulis dikte 80. Akhir fase II nilai membaca 87, 5 dan menulis dikte 88, 75. Akhir fase III nilai membaca mencapai 93, 75 dan menulis dikte 95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) penyebabnya adalah kurangnya frekuensi belajar; (2) Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SDN 03 Matesih adalah model pembelajaran Reading Recovery.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan membaca, Reading Recovery
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Mar 2012 09:16
Last Modified: 19 Mar 2012 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17377

Actions (login required)

View Item View Item