Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Giving Question and Getting Answers Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Pokoh Kidul Wonogiri Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Yulianingsih, Yulianingsih (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Giving Question and Getting Answers Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Pokoh Kidul Wonogiri Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran )
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode Giving Question and Getting Answers. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Pokoh Kidul Wonogiri yang berjumlah 32 siswa, 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan berbagai bentuk energi dan kegunaannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa sebelum putaran hanya 37,5% setelah dilakukan putaran I meningkat menjadi 62,5% dan pada putaran II meningkat menjadi 96,87%. Selain itu nilai rata-rata siswa setelah dikenai tindakan juga mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum putaran sebesar 54,25, setelah dilakukan tindakan putaran I meningkat menjadi 60,87 dan pada putaran II meningkat menjadi 75,68. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis giving question and getting answers dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, giving question and getting answers, pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Mar 2012 08:19
Last Modified: 19 Mar 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17375

Actions (login required)

View Item View Item