Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Metode Superiter Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Golan Tepus Kecamatan Mejoro Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Fitrika, Husna Noor (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Metode Superiter Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Golan Tepus Kecamatan Mejoro Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode Superitem pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Golan Tepus Kecamatan Mejobo Kudus. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Golan Tepus, Kecamatan Mejobo, Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan jumlah subyek penelitian guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Super Item dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Golan Tepus Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Tahun Pelajaran 2011/2012. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya pula hasil belajar siswa pada pembelajaran siklus I, yang diperoleh data dari 20 siswa hanya 13 siswa yang tuntas atau 65% sedangkan ada 7 siswa yang belum tuntas. Pada pembelajaran siklus II dari 20 siswa terdapat 16 siswa atau 80% tuntas dan 4 siswa yang belum tuntas, sedangkan pada pembelajaran siklus III diketahui hasilnya dari 20 siswa tinggal 1 siswa atau 5% yang belum tuntas, sedangkan jumlah siswa tuntas mencapai 19 siswa atau 95%, Jadi hipotesis yang dirumuskan yakni, ” Penggunaan metode Superitem dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Golan Tepus Kecamatan Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat terjawab atau diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan hasil belajar, metode super item.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 09:20
Last Modified: 19 Mar 2012 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17374

Actions (login required)

View Item View Item