Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Student Facilitator and Explaining Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD N Pegandan 02 Margorejo PatiTahun Ajaran 2011/2012

Rakasiwi, Galuh (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Student Facilitator and Explaining Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD N Pegandan 02 Margorejo PatiTahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SDN Pegandan 02 yaitu rendahnya hasil belajar Matematika materi bagun ruang kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok dengan menggunakan strategi student fasilitator and explaining pada siswa kelas IV SD Negeri Pegandan 02 Margorejo Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pegandan 02 yang berjumlah 23 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang diperoleh dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Sedangkan triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, catatan lapangan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa deskriptif kualitatif dengan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelum dilakukan tindakan nilai ulangan rata-rata siswa 56,52%. Pada siklus I hasil belajar siswa yang dicapai 73,91% (hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 17,39% dengan dua kali pertemuan pada siklus I). pada siklus II hasil belajar siswa yang dicapai 86,95% (mengalami peningkatan 13,04% dengan dua kali pertemuan pada siklus II). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menerapkan strategi pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, Student fasilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 08:00
Last Modified: 06 Aug 2014 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17373

Actions (login required)

View Item View Item