Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Guided Note Takinhg (Catatan terbimbibg) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Gasal SMPN 2 KartasuraTahun Ajaran 2011/2012)

Wantini, Wantini (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Guided Note Takinhg (Catatan terbimbibg) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII Semester Gasal SMPN 2 KartasuraTahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.__BAB_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRANi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif guided note taking. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, sedang desain penelitiannya adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan siswa dalam membedakan serta menerapkan konsep secara tepat dalam menyelesaikan soal matematika sebelum tindakan 32,5% dan setelah tindakan menjadi 75%, 2) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan menjadi 55%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif guided note taking dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, guided note taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 07:13
Last Modified: 19 Mar 2012 12:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item View Item