Optimalisasi Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment Untuk Meningkatakan Keaktifan Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII. E Semester Genap SMP N I Nguntoronadi Tahun Ajaran 2011/2012 )

Oktarina, Diah (2012) Optimalisasi Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment Untuk Meningkatakan Keaktifan Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII. E Semester Genap SMP N I Nguntoronadi Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan strategi Instant Assessment pada materi Himpunan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas VII E SMP N I Nguntoronadi tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 24 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah keaktifan belajar matematika meningkat. Kesimpulan penelitian ini meliputi 1) siswa yang mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum dipahami sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 41,67%, 2) siswa yang menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 29,17% dan setelah tindakan 87,50%, 3) siswa yang menyampaikan alasan pemilihan jawaban sebelum tindakan 20,83% dan setelah tindakan 75,00%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, Instant Assessment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 06:34
Last Modified: 19 Mar 2012 12:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item