Analisis Masalah Pembelajaran dan Teknik Pemecahannya dalam Skripsi Mahasiswa Yang Berlaku di SMP/MtS Kabupaten Boyolali Tahun 2009-2011

KARYANI, SAKTI BUDI (2012) Analisis Masalah Pembelajaran dan Teknik Pemecahannya dalam Skripsi Mahasiswa Yang Berlaku di SMP/MtS Kabupaten Boyolali Tahun 2009-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan masalah pembelajaran yang dihadapi guru dan teknik pemecahannya di SMP/MTs Kabupaten Boyolali tahun 2006-2011. Jenis Penelitian ini adalah analisis kualitatif. Obyek penelitian adalah skripsi PTK yang meneliti tetang masalah pembelajaran yang dihadapi guru dan teknik pemecahannya di SMP/MTs Kabupaten Boyolali tahun 2006-2011. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi pada setiap sampel skripsi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran antara lain : keaktifan siswa, motivasi belajar siswa, aktivitas belajar siswa, pemahaman konsep, kemampuan bernalar siswa, partisipasi siswa, kreativitas siswa, hasil belajar/prestasi belajar, aktivitas berfikir kritis, minat belajar siswa, kemampuan pemecahan masalah, koneksi belajar siswa, kepercayaan diri siswa mengerjakan soal, respon siswa dan kemampuan representasi siswa. (2) Teknik pemecahan yang digunakan guru antara lain : alat peraga dengan lesson study, STAD, tutor sebaya, creative problem solving, improving learning jigsaw dengan resitasi, RME, the power of two, mean ends analysis dengan tutor sebaya, eliciting activities, creative problem solving dengan VCD, index card math, role reversal, talking stick, firing line, SAVI dengan macromedia flash, genius learning strategi, team assited individualization, snow ball, simulation game, cycle “5E’ dengan alat peraga, lightening the learning climate, peer lesson, pembelajaran terapdu, learning cycle, planning for learning based of instruction, tugas terstruktur dengan kuis, time token student facilitator and explaining, laps heuristic, montessori. (3) Hasil PTK menunjukkan adanya peningkatan terhadap indikator-indikator yang diamati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-30
Uncontrolled Keywords: masalah pembelajaran, teknik pemecahan, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 05:59
Last Modified: 21 Jun 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17364

Actions (login required)

View Item View Item