Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangbangun Tahun 2011/2012

Sri Utami,, Lilis (2012) Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karangbangun Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanbangun kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku sebagai guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karanbangun kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Interaktif yang mempunyai tiga buah komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV melalui model pembelajaran Quantum Teaching terbukti rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 62.12, pada siklus I 65, pada siklus II 72.31.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan hasil belajar siswa, quantum teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Mar 2012 06:01
Last Modified: 19 Mar 2012 12:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item