Penerapan Strategi Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, Dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus (Ptk Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah Kota Pekalongan)

Mulfa, Chanda Hutama (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, Dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus (Ptk Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah Kota Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Da Pus)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) penerapan strategi LAPS-Heuristik meningkatkan minat belajar siawa; 2) penerapan strategi LAPS-Heuristik meningkatkan motivasi belajar siswa; 3) penerapan strategi LAPS-Heuristik meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dan desain penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian: 1) peningkatan minat siswa: a) perasaan senang siswa dari 52,94% meningkat menjadi 93,93%; b) keterlibatan siswa dari 33,35% meningkat menjadi 84,84%; c) kemauan siswa menanyakan materi dari 14,7% meningkat menjadi 51,51%; d) konsentrasi siswadari 32,35% meningkat menjadi 84,84%. 2) peningkatan motivasi siswa: a) adanya harapan dan cita-cita dimasa depan dari 14,7% meningkat menjadi 63,63%; b) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar dari 32,35% meningkat menjadi 84,84%; c) adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dari 29,41% meningkat menjadi 87,87%; d) penghargaan dalam belajar dari 52,94% meningkat menjadi 93,93%; e) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dari 50% meningkat menjadi 90%. 3) peningkatan hasil belajar siswa dari nilai siswa yang ≥ 60 sebanyak 5 siswa meningkat menjadi 26 siswa dan nilai rata – rata siswa dari semula 48,52 meningkat menjadi 65,06. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi pembelajaran logan avenue problem solving-heuristik dapat meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-17
Uncontrolled Keywords: minat, motivasi, hasil belajar, logan avenue problem solving-heuristik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Mar 2012 10:49
Last Modified: 21 Jun 2012 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17334

Actions (login required)

View Item View Item