Peningkatan Hasil Belajar Membaca Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Ganten Tahun Pelajaran 2010/2011

SETYOWATI , KARTIKA DYAH AYU (2012) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Ganten Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KARTIKA DYAH AYU SETYOWATI, NIM. A510070302. Penelitian Tentang PENINGKATAN Hasil Belajar Membaca Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Media Audio Visual Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Ganten Tahun Pelajaran 2011/2011 Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011. Hasil belajar membaca puisi dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas V masih rendah, maka dari itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut. Tujuan belajar membaca puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mengarahkan siswa agar lebih akif dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, sehingga data dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi kata-kata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Tes dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ganten tahun ajaran 2010/2011, sejumlah 15 siswa peserta tes. Observasi dilakukan terhadap guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung dan pada aktivitas siswa saat mengerjakan soal. Untuk wawancara dilakukan terhadap guru kelas yang sering mengalami atau menemui hambatan – hambatan dalam pembelajaranValiditas data dilakukan dengan tri anggulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi, tes, dan wawancara. Maka dari itu penerapan media audio visual sangat membantu dalam pembelajaran menbaca puisi siswa kelas V SD N 01 Ganten. Media audio visual adalah salah sarana pengajar yang modern dan mulai diminati oleh para pengajar karena diangap efektif,selain itu mudahnya pengiperasian media audio visual menjadi daya tarik tersidiri. Media audio visual bisa menampikan efek suara dan gambar sehingga siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian sebelum siklus banyak siswa yang belum tuntas dalam KKM maka perlu diadakan siklus satu pada siklus satu masih ada beberapa siswa yang belum tuntas oleh karena itu peneliti pengadakan siklus yang kedua, pada siklus yang kedua semua siswa sudah mengalami ketuntasa dalam KKM. Hal ini dapat dilihat dalam rata – rata yang sebelum siklus adalah 61 kemudian siklus satu 68 dan silklus kedua 70. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual sangat efektif untuk peingkatan hasil belajar membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, hal ini terlihat dengan keaktifan siswa dan peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan model media audio visual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 15 Mar 2012 10:39
Last Modified: 15 Mar 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17332

Actions (login required)

View Item View Item