Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Ilustrasi Lagu pada peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011

Widyastuti, Arni (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Ilustrasi Lagu pada peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
pdf_hal_depan.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
PDF_BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran )
PDF_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan anak didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dalam pembelajaran menulis puisi dengan media ilustrasi musik (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dengan ilustrasi musik. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah kata, tindakan peserta didik pada saat pembelajaran menulis puisi dengan media ilustrasi musik dan kata yang tertulis dari hasil puisi yang ditulis peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat dan peristiwa yaitu tempat guru dan peserta didik melakukan KBM yaitu di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media ilustrasi musik dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 26,6% (8 anak), dalam siklus II menjadi 80% (24 anak). Jadi, mengalami peningkatan sebesar 53,4%. Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi telah mencapai KKM sebesar 67 mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 46,7% (14 anak), siklus II 66,7% (20 anak). Jadi, mengalami peningkatan sebesar 20 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-14
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Menulis Puisi, Media Ilustrasi Musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 Mar 2012 06:53
Last Modified: 19 Jun 2012 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17320

Actions (login required)

View Item View Item