Peningakatan Motivasi Belajar Siswa dengan Motode Jigsaw pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Sutanti,, Eri (2012) Peningakatan Motivasi Belajar Siswa dengan Motode Jigsaw pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi dengan metode Jigsaw pada siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana masing – masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan motivasi belajar siswa dengan metode Jigsaw pada siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini didukung oleh fakta – fakta sebagai berikut: motivasi siswa pra penelitian sebesar 20,5 %, motivasi belajar siswa selama siklus I sebesar 36,45 % dan meningkat menjadi 83,7 % selama siklus II. Hasil siswa yang merespon metode pembelajaran Jigsaw yang digunakan pada siklus I sebesar 40,54 % dan meningkat menjadi 83,7 % selama siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 Mar 2012 05:54
Last Modified: 15 Mar 2012 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17317

Actions (login required)

View Item View Item