UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A SMP N 2 Welahan Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar)

Rumiyadi, Arif (2008) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A SMP N 2 Welahan Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakara.

[img] PDF
A410030093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan minat dan respon siswa dalam pembelajaran matematika melalui model kepala bernomor terstruktur pada pelajaran matematika. Minat dan respon yang dimaksud disini adalah perasaan senang, perhatian, kemauan, kesadaran, respon belajar, keaktifan, dan kreatifitas siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Welahan Jepara Semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Subyek penerima tindakan siswa kelas VIII A SMP N 2 Welahan sebanyak 45 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII A SMP N 2 Welahan berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokument asi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan minat siswa terhadap matematika, yaitu: 1) perasaan senang meningkat sampai 78% . 2) perhatian siswa meningkat sampai 73%. 3) kemauan siswa meningkat sampai 71%. 4) kesadaran siswa meningkat sampai 67%. Sedangkan peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu: 1) respon belajar siswa meningkat sampai 76%. 2) keaktifan siswa meningkat sampai 69%. 3) Kreatifitas siswa sebelum meningkat sampai 64%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran model kepala bernomor terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan respon siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, respon, pembelajaran matematika, model kepala bernomor terstruktur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 01:54
Last Modified: 31 Jan 2011 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item