Kemampuan Peningkatan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Alt Peraga Pohon Hitung Pada Anak Roudhotul Atfhal (RA) Sudirman Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Warjinah, Warjinah (2012) Kemampuan Peningkatan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Alt Peraga Pohon Hitung Pada Anak Roudhotul Atfhal (RA) Sudirman Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan merupakan salah satu bagian dari perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan alat peraga pohon hitung pada anak RA Sudirman desa Sumberejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam peneltian ini adalah anak didik yang berada di kelompok B RA Sudirman Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini dilakukan dengan bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru. Data tentang kemampuan berhitung permulaan dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data tentang pembelajaran dengan permainan alat peraga pohon hitung dikumpulkan melalui pedoman observasi dan catatan lapangan. Data diolah dengan teknik analisis komparatif, yaitu perbandingan antara kemampuan berhitung anak dengan indikator pencapaian pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan alat peraga pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak RA Sudirman Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Hal ini terbukti bahwa terjadi peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 38% menjadi 62% pada siklus I. Siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berhitung, pohon hitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2012 10:56
Last Modified: 09 Mar 2012 10:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17292

Actions (login required)

View Item View Item