Nilai inti Karakter anti Korupsi dalam Pembelajaran Matematika kelas Cerdas Istimewa(Studi Fenomenologi di SMP Negeri 1 Boyolali)

Ardhy W, Kharisma (2012) Nilai inti Karakter anti Korupsi dalam Pembelajaran Matematika kelas Cerdas Istimewa(Studi Fenomenologi di SMP Negeri 1 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan nilai inti karakter anti korupsi yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa SMP Negeri 1 Boyolali. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik karakter tanggung jawab yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa, mendeskripsikan karakteristik karakter disiplin yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa, dan mendeskripsikan karakteristik karakter jujur yang dikelola dalam pembelajaran matematika kelas cerdas istimewa. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan adalah siswa kelas cerdas istimewa, guru, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Karakteristik karakter tanggung siswa kelas cerdas istimewa dalam pembelajaran matematika dicerminkan dari pelaksanaan dan penyelesaian tugas dengan sungguh-sungguh, penepatan janji yang telah dibuat dalam pembelajaran matematika, dan kesediaan siswa kelas cerdas istimewa dalam menerima akibat dari perbuatan yang telah dilakukan, termasuk perbuatan baik maupun buruk saat pembelajaran matematika berlangsung. Karakter tanggung jawab memainkan peranan penting terhadap pencapaian matematika (2) Karakteristik karakter disiplin siswa kelas cerdas istimewa dalam pembelajaan mamatika dicerminkan dari ketaatan siswa terhadap peraturan yang berlaku dan ketepatan waktu siswa, baik ketepatan masuk sekolah maupun pengumpulan ulangan dan tugas. Karakter disiplin memainkan peranan penting terhadap pencapaian matematika (3) Karakteristik karakter jujur siswa kelas cerdas istimewa dalam pembelajaran matematika dicerminkan dari melekatnya sifat dapat dipercaya pada diri siswa dan perkataan, perbuatan yang benar siswa saat pembelajaran matematika berlangsung. Karakter jujur memainkan peranan penting terhadap pencapaian matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-14
Uncontrolled Keywords: Kelas cerdas istimewa, karakter tanggung jawab, karakter disiplin, karakter jujur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 09 Mar 2012 06:20
Last Modified: 21 Jun 2012 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item