Peningkatan Apresiasi Cerpen dengan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review(PQ4R)Pada siswa kelas IX SMPN Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012

Yulianto , Yulianto (2012) Peningkatan Apresiasi Cerpen dengan Metode Preview Question Read Reflect Recite Review(PQ4R)Pada siswa kelas IX SMPN Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam mengapresiasi cerpen dengan metode PQ4R di kelas IX SMPN 3 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 8 (delapan) bulan di kelas IX F SMPN 3 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan angket. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes, pedoman observasi dan pedoman angket. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi cerpen di kelas IX SMPN 3 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM berdasarkan hasil tes siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I adalah 22 siswa (69%), dan siklus II sebanyak 32 siswa (100%). (2) Penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran apresiasi cerpen di kelas IX SMPN 3 Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I ke siklus II meningkat lebih baik, yakni pada siklus I nilai keaktifan siswa sebesar 8,0 (kategori baik) dan pada siklus II sebesar 8,8 (kategori amat baik). Dari hasil ini, metode PQ4R dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan strategi pembelajaran aktif yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar meningkat, terutama dalam pembelajaran apresiasi cerpen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Apresiasi, Cerpen, dan metode Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 08 Mar 2012 08:25
Last Modified: 08 Mar 2012 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item View Item