Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Active Learning Berbasis Media Pembelajaran Konkrit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bendungan 3 Kecamatan Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Hartini, Hartini (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Active Learning Berbasis Media Pembelajaran Konkrit Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bendungan 3 Kecamatan Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03_BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab.II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab.III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] PDF (Bab.V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran active learning berbasis media pembelajaran konkrit dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Negeri Bendungan 3 kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri Bendungan 3 Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi, teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model siklus yang terdiri dari pemilihan topik, mengajukan pertanyaan, pengumpulan data, pengaturan data, analisis data dan menulis laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I kondisi pembelajaran menggunakan pendekatan active learning berbasis media belum mencapai taraf ketuntasan. Dari 20 anak kelas IV SD Negeri Bendungan 3 pada siklus I hanya 12 siswa yang tuntas atau 60%, yang belum tuntas sebanyak 8 siswa atau 40%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 16 siswa dan siswa belum tuntas 4 anak atau 20 %, sedangkan pada siklus III peningkatan ketuntasan anak sebanyak 19 siswa atau 95%, sedangkan siswa yang belum tuntas hanya 1 siswa atau 5 %. Oleh karena itu pemberian treatment pada pembelajaran IPS dengan pendekatan active learing berbasis media dilakukan hanya sampai pada siklus III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan pembelajaran active learning berbasis media dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Bendungan 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2010/2011” dapat terjawab/dapat terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pendekatan active learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Mar 2012 11:56
Last Modified: 07 Mar 2012 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item