Pengaruh Kemampuan Guru dan Kesiapan Siswa Dalam Program Imersi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kelas VII A di SMP Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2005 / 2006

KOSAWARJO, SUGENG PANTI (2007) Pengaruh Kemampuan Guru dan Kesiapan Siswa Dalam Program Imersi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kelas VII A di SMP Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2005 / 2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan guru dan kesiapan siswa dalam program imersi terhadap prestasi belajar siswa pada kelas VIIA di SMP Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 25 orang, pengambilan sampel digunakan metode populasi sampling. Data selengkapnya dari sampel dikumpulkan dengan menggunakan angket dan data prestasi rapot siswa. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan guru dan kesiapan siswa dalam program imersi, sedangkan data prestasi rapot digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa dalam program imersi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model regresi dua prediktor dengan rumus : Fregresi =.........Dari hasil analisi data diperoleh Freg = 44. Kemudian hasilnya dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;22;0,05) = 3,44 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,72, hasilnya Fhitung > Ftabel = 44 > 3,44 dan 44 > 5,72. ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru dan kesiapan siswa dalam program imersi terhadap prestasi belajar siswa pada kelas VIIA di SMP Negeri. 4 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumbangan relatif (SR%) prediktor X terhadap kriterium Y mencapai 100% yaitu untuk SR%X1 = 5% dan SR%X2 = 95%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan guru dan kesiapan siswa memberikan pengaruh positif yang cukup besar terhadap prestasi belajar siswa bagi yang bersangkutan. Begitu juga mengenai sumbangan efektifnya (SE%), bahwa jumlah SE% dari prediktor X terhadap Y mencapai 80%, yaitu untuk SE%X1 = 4%, dan SE%X2= 76%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan guru dan kesiapan siswa dalam program imersi memberikan kontribusi sebesar 80% terhadap prestasi belajar siswa, dan sisanya 20% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar kemampuan guru dan kesiapan siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi siswa, guru, dan orang tua maupun masyarakat luas dalam peningkatan prestasi belajar siswa dalam program imersi terutama melalui peningkatan kemampuan guru dan kesiapan siswa dengan tetap memperhatikan faktor-faktor lain di luar kemampuan guru dan kesiapan siswa guna pencapaian prestasi belajar siswa yang optimal. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat dan dapat membantu serta memberikan sumbangan pemikiran bagi peneliti yang sejenis dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Kesiapan Siswa, Program Imersi, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2012 10:16
Last Modified: 07 Mar 2012 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17252

Actions (login required)

View Item View Item