ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI OBAT DI APOTIK (Studi Kasus di Apotik “SEHAT”)

ALIM, HANIF NUR (2008) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI OBAT DI APOTIK (Studi Kasus di Apotik “SEHAT”). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D600030064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF
D600030064.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli obat di Apotik Sehat dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli obat di apotik, mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli obat di apotik dan memberikan pertimbangan bagi pihak perusahaan dalam membuat suatu strategi pemasaran dan langkah pemecahan masalah yang lebih baik guna menyelesaikan permasalahan yang dihadapi perusahaan. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan mampu memahami peluang pemasaran yang efektif sebagai alat untukmengidentifikasi dimana perusahaan mungkin dapat bersaing secara lebih menguntungkan. Pengujian hipotesis guna mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli obat di apotik, pada penelitian ini menggunakan alat analisis faktor dan cluster. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Apotik Sehat, sedangkan sampel penelitian adalah 70 konsumen Apotik Sehat.Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis faktor diketahui bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian di Apotik Sehat adalah kelengkapan (5.553%), marketing mix (7.265%),kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen (61.093%). Sedangkan hasil analisis cluster terlihat bahwa responden mempunyai kecenderungan yang sama dalam keputusan membeli obat di Apotik Sehat yaitu disebabkan karena kelengkapan, kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen, sehingga dapat diketahui bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli obat di apotik saling mempunyai hubungan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keinginan konsumen, analisis faktor, analisis cluster.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 May 2009 00:49
Last Modified: 22 Nov 2010 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item