Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Tradisi Beratan Dan Selamatan Ruwahan Menjelang Bulan Ramadhan Serta Dampak Bagi MasyarakatDesa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara

Saidah, Roykhanatus (2007) Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Tradisi Beratan Dan Selamatan Ruwahan Menjelang Bulan Ramadhan Serta Dampak Bagi MasyarakatDesa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman, partisipasi, dan dampak ritual tradisi beratan dan selamatan ruwahan menjelang bulan ramadhan di Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Bentuk penelitian ini menerapkan diskriptif kualitatif, sebagai. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi langsung, wawancara dan mencatat arsip dan dokumen. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data dengan cara trianggulasi sumber data dan metode pengumpulan data. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Tradisi beratan dan selamatan ruwahan yang dilaksanakan di desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara diadakan 1(satu) kali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 15 Ruwah; 2) Tradisi beratan dan selamatan ruwahan yang dilaksanakan didesa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara bertujuan untuk meminta kesejahteraan, kedamaian, keamanan dan kerukunan penduduk desa, tetapi juga untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Tradisi beratan dan selamatan ruwahan ini juga berfungsi sebagai pengungkapan rasa syukur para masyarakat desa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang diberikan oleh-Nya; 3) Perayaan tradisi beratan dan selamatan ruwahan di desa Margoyoso mulai pembukaan sampai upacara puncak yaitu selamatan ruwahan berjalan selama satu hari yaitu dari pagi untuk persipan perayaan dan pukul 18.00 sampai dengan 21.00 wib untuk perayaan tradisi beratan yang disusul dengan pelaksanaan selamatan ruwahan ; 4) Masyarakat desa Margoyoso memaknai tradisi beratan xvii dan selamatan ruwahan ini sebagai suatu ritual yang harus dilaksanakan dikarenakan masyarakat telah melaksanakan secara turun temurun dan percaya bahwa dengan melakukan ritual tersebut maka desa akan dijauhkan dari sengkolo dan juga desa diberkahi. Partisipasi warga desa Margoyoso dalam pelaksanaan tradisi beratan dan selamatan ruwaha yaitu, pembersihan jalan yang digunakan sebagai jalur arak-arakan tradisi beratan dan selamatan ruwahan, persiapan peralatan yang digunakan dalam prosesi tradisi beratan dan selamatan ruwahan. Peralatan tersebut antara lain adalah brak, panggung, dekorasi dan pengeras suara (sound system), dan pembuatan lampion cina yang dilaksanaka secara bersama sama oleh masyarakat dengan bahan-bahan yang didapatkan di Desa Margoyoso.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Masyarakat, Partisipasi Masyarakat, Dampak Tradisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2012 06:24
Last Modified: 07 Mar 2012 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17240

Actions (login required)

View Item View Item