Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Sedotan (Drinking Dtraws) dan Kantong Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Operasi Hitung Campuran

Yuniarto, Dwi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Sedotan (Drinking Dtraws) dan Kantong Bilangan Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Operasi Hitung Campuran. Skripsi thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pusataka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya hasil belajar matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana media pembelajaran sedotan (drinking straws) dan kantong bilangan digunakan dalam pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas IV, dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas IV SD Negeri 1 Kandangan Kab. Grobogan sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika kelas IV dalam materi operasi hitung campuran. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa sebelum tindakan hanya 40% yang lulus KKM (65,00) maka setelah dilakukan tindakan sebanyak tiga siklus terjadi peningkatan menjadi 88,89%. Peningkatan nilai siswa setelah tindakan melampaui target penelitian yang semula dicanangkan yaitu 85 % siswa lulus KKM. Hal tersebut menunjukkan keefektifan media pembelajaran sedotan (drinking straws) dan kantong bilangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sedotan (drinking straws) dan kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV dengan materi operasi hitung campuran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-32
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, matematika, media pembelajaran sedotan (drinkingstraws) dan kantong bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Mar 2012 04:36
Last Modified: 25 Jun 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item View Item