Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing Kelas VI SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.

Muqorib, Agus (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Bamboo Dancing Kelas VI SD Negeri 01 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar yang dicapai pada materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan mata pelajaran IPA yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif metode Bamboo Dancing pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian PTK. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 01 Ngadirejo tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi, test dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknis analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPA materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan pada pembelajaran kondisi awal / pra siklus dari jumlah 20 siswa, hanya 11 siswa yang tuntas atau sekitar 55% masih tersisa 9 siswa atau 45 % yang belum tuntas. Pada siklus I diketahui bahwa dari 20 siswa yang mencapai ketuntasan dari indikator KKM sebanyak 14 siswa atau 70% dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa 30 %. Pada siklus II telah mencapai ketuntasan 18 siswa atau 90% dan yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 10%, yang berarti taraf ketuntasan siswa dalam satu kelas telah mencapai di atas indikator pencapaian 80%. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat kesimpulan bahwa melalui penggunaan metode Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar IPA dalam materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Ngadirejo tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode Bamboo Dancing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Mar 2012 04:16
Last Modified: 07 Mar 2012 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item