Tradisi Rasulan (Studi Kasus Mengenai Latar Belakang, Prosesi dan Aspek Pendidikannya Bagi MAsyarakat di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri)

SANTOSO,, HERU (2007) Tradisi Rasulan (Studi Kasus Mengenai Latar Belakang, Prosesi dan Aspek Pendidikannya Bagi MAsyarakat di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah latar belakang, prosesi dan aspek pendidikannya bagi masyarakat di Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian etnografi yang bersifat deskriptif, sebagai respondennya Data penelitian diperoleh dari informan penelitiannya yaitu kepala desa, sekretaris desa, pemimpin upacara tradisi rasulan, tokoh masyarakat dan beberapa masyarakat di Desa Jendi Kecamatan Selogiri kabupaten Wonogiri. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi, dan mencatat arsip maupun dokumen. Untuk menguji Validitas data penelitian menggunakan data triangulation dan informant review. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tradisi Rasulan diartikan sebagai sesaji kepada tanah (dimana mereka hidup) biasanya dilakukan sesudah panen raya padi yang dilaksanakan setiap tahun sekali, sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2) Dalam pelaksanaan tradisi rasulan, masyarakat Jawa cenderung untuk mengambil makna dari setiap simbol, ritual, peralatan tata cara dan doa-doa digunakan sebagai sebuah pengertian filosofis; berguna sebagai pemaknaan hakekat hidup bagi manusia dalam hubungannya dengan alam, dan dengan Tuhan Yang Maha Esa; 3) Aspek pendidikan yang didapatkan dari tradisi rasulan ini adalah dengan adanya perlambang atau simbol-simbol yang didapatkan pada perlengkapan yang digunakan dalam tradisi rasulan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tradidi rasulan, aspek pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2012 10:56
Last Modified: 06 Mar 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item