Meningkatkan Kualiatas Keterampilan Berbicara Dengan Media film Dokumenter Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Donohudan tahun Ajaran 2011/2012

Qorina, Ulya (2012) Meningkatkan Kualiatas Keterampilan Berbicara Dengan Media film Dokumenter Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Donohudan tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan media film dokumenter pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Donohudan tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan media film dokumenter yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Donohudan yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan media film dokumenter menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian diperoleh : 1) Banyaknya siswa yang aktif bertanya pada kondidi awal sebesar 21,88%, diakhir tindakan menjadi sebesar 71,88%. 2) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 34,38% diakhir tindakan menjadi sebesar 75%. 3) Siswa yang maju ke depan kelas untuk bercerita sebelum tindakan sebesar 18,75%, diakhir tindakan menjadi sebesar75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Donohudan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, media film dokumenter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 10:32
Last Modified: 06 Mar 2012 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item