Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Simo Boyolali Tahun 2011/2012

Nugroho, Sapto Ari (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Simo Boyolali Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
3._BAB_1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Quantum Teaching pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Simo Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Simo Boyolali yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 65, 52 dengan persensentase ketuntasan sebesar 52, 38 %, siklus 1 nilai rata-rata kelas 67, 14 dengan persentase sebesar 57, 14 %, siklus 2 nilai rata-rata kelas 72, 4 dengan persentase ketuntasan sebesar 76, 20 %. Selain itu, kegiatan guru dan siswa yang diamati pada lembar observasi juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilaksanakan dinyatakan penelitian ini telah berhasil dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model quantum teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 10:00
Last Modified: 06 Mar 2012 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item