Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Bangun Datar Layang-layang dan Bela Ketupat pada Pembelajaran Matematika melalui Metode Guided Note Taking pada Siswa Kelas IV SD N 1 Bangunrejo tahun Ajaran 2011/2012

Fuadi, Agus Helmi Reza (2012) Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Bangun Datar Layang-layang dan Bela Ketupat pada Pembelajaran Matematika melalui Metode Guided Note Taking pada Siswa Kelas IV SD N 1 Bangunrejo tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB__I.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf

Download (501kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Full texs)
skripsi_(agus_helmi_RF)_Fulltex.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dari Penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa dalam penguasaan bangun datar layang-layang dan belah ketupat rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatan pemahaman siswa dalam penguasaan materi bangun datar layang-layang dan bela ketupat pada pembelajaran matematika melalui metode guided note taking pada siswa kelas IV SD N 1 Bangunrejo tahun ajaran 2011/2012.Penelitian ini termasuk termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Subjek yang memberikan tindakan yaitu peneliti sebagai guru,sedangkan subjek yang menerima tindakan yaitu siswa kelas IV. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada aspek kognitif sebelum tindakan didapat rata-rata nilai siswa sebesar 55,96, rata-rata siklus I meningkat menjadi 68,46, rata-rata siklus II meningkat menjadi 80,11, Sedangkan pada aspek afektif rata-rata siklus I sebesar 20,19, rata-rata siklus II meningkat menjadi 26,78. Dengan penerapan guided note taking dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan bangun datar layang-layang dan belah ketupat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode guided note taking, pemahaman konsep matematika bagi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Mar 2012 09:51
Last Modified: 06 Mar 2012 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17226

Actions (login required)

View Item View Item