Peningkatan hasil belajar PKn menggunakan strategi Jeopardy Review pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran Kecamatan Pasarkliwon Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Era Maulana, Langgeng (2011) Peningkatan hasil belajar PKn menggunakan strategi Jeopardy Review pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran Kecamatan Pasarkliwon Kabupaten Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Judul.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn, hanya 30% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65,memenuhi KKM, Metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan strategi pembelajaran Jeopardy Review pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran, Kecamatan Pasarkliwon, Kabupaten Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Harjodipuran yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: pada siklus I dari 40 siswa yang masuk terdapat 22 siswa (52%) yang mendapatkan nilai ≥ 65, sesuai KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 31,33% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 42 siswa yang masuk ada 35 siswa (83,33%) yang mendapat nilai ≥ 65, sesuai KKM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Jeopardy Review dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Harjodipuran Kecamatan Pasarkliwon Kabupaten Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Jeopardy Review, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Mar 2012 09:10
Last Modified: 06 Mar 2012 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17225

Actions (login required)

View Item View Item