Peningkatan hasil belajar Matematika melalui Modil pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs Share(TPS) bagi siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

Rohmatul P, Mella Evrilianti. (2012) Peningkatan hasil belajar Matematika melalui Modil pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs Share(TPS) bagi siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pairs share (TPS). Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 3 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 9 siswa lakilaki dan 4 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber dan trianggulasi tehnik. Trianggulasi sumber yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Trianggulasi tehnik yaitu metode pengumpulan data yang berasal dari hasil observasi, wawancara, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS). Hal ini dapat dilihat pada pra siklus rata-rata kelas 59,23, siswa yang mencapai KKM 4 (30,76%); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 61,35 siswa yang mencapai KKM 5 (38,46%); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 67,69, siswa yang mencapai KKM 10 (76,92%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Kalongan kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, think pairs share.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Mar 2012 08:47
Last Modified: 06 Mar 2012 08:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17224

Actions (login required)

View Item View Item