Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi dampak globalisasi melalui metode pembelajaran make a match bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun pelajaran 2011/2012

NIANDANI, ARTISSIMA PRIMA (2012) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi dampak globalisasi melalui metode pembelajaran make a match bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Pernyataan)
01._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_SKIPSI.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_IIIpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi dampak globalisasi melalui metode pembelajaran make a match bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan monitoring, serta refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011/2012, sejumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan trianggulasi sumber yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar pada pra siklus nilai rata-rata kelas 62,69, siswa yang mencapai KKM 4 (30,76%). Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 67,5, siswa yang mencapai KKM 6 (46,15%), dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas yang diperoleh menjadi 77,88, siswa yang mencapai KKM 11 (84,61%). Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi dampak globalisasi bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kalongan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar PKn, metode pembelajaran make a match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:55
Last Modified: 05 Mar 2012 10:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17200

Actions (login required)

View Item View Item