Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Begalon 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

NIQMA, UFIK FARIDATUN (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Model Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Begalon 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada siswa kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 67,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 28,89%, siklus I nilai rata-rata kelas 76,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 46,67%, siklus II nilai rata-rata kelas 82,5 dengan presentase ketuntasan sebesar 88,89%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN Begalon 1 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:20
Last Modified: 05 Mar 2012 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17192

Actions (login required)

View Item View Item