Peningkatan Hasil Belajar I IPS Melalui Pemnafaatan Media Kartu Kuis Who AM I Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tanjungharjo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

WITDYANINGRUM, RUSTANTI (2012) Peningkatan Hasil Belajar I IPS Melalui Pemnafaatan Media Kartu Kuis Who AM I Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tanjungharjo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Pernyataan)
01._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanjungharjo dalam pembelajaran IPS melalui pemanfaatan media kartu kuis Who am I. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri 3 Tanjungharjo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media kartu kuis Who am I. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus ratarata kelas 58,75, siswa yang mencapai KKM 7 (35%); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 64,5 siswa yang mencapai KKM 14 (70%); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 78,75, siswa yang mencapai KKM 18 (90%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan media kartu kuis Who am I dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Tanjungharjo kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media kartu kuis Who am I, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:08
Last Modified: 05 Mar 2012 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item View Item