UMS ETD-db

PENGARUH VARIASI DIAMETER LUBANG BURNER 3 mm 5 mm 7 mm DESAIN MELINGKAR PADA KOMPOR METANOL TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN

ADI SUSILO , AGUS (2012) PENGARUH VARIASI DIAMETER LUBANG BURNER 3 mm 5 mm 7 mm DESAIN MELINGKAR PADA KOMPOR METANOL TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN. Tugas Akhir thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF (hal depan)
89kB
[img]
Preview
PDF (bab1)
15kB
[img] PDF (bab2)
Restricted to Repository staff only

51kB
[img] PDF ( bab3)
Restricted to Repository staff only

189kB
[img] PDF (bab4)
Restricted to Repository staff only

390kB
[img] PDF (bab5)
Restricted to Repository staff only

14kB
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
6kB
[img] PDF (lampiran)
Restricted to Repository staff only

144kB

Abstract

ABSTRAKSI Bahan bakar minyak merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui, sehingga dalam pemakaianya harus lebih hemat dan efisien. Produksi minyak yang terbatas dan harga bahan bakar minyak yang selalu meningkat mendorong pemerintah membatasi subsidi bahan bakar terutama minyak tanah, sehingga minyak tanah menjadi langka dan susah diperoleh di masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut masyarakat mulai mencari bahan bakar alternatif lain pengganti minyak tanah, salah satunya dengan menggunakan metanol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi diameter lubang burner terhadap pembakaran pada kompor metanol. Burner yang di uji adalah burner lubang 12 diameter 3mm 5mm dan 7mm dengan pengujian meliputi temperatur api, waktu yang diperlukan untuk mendidihkan air dan jumlah pemakaian bahan bakar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jumlah lubang pada burner sangat berpengaruh terhadap karakteristik pembakaran yang dihasilkan oleh kompor metanol. Pada burner dengan jumlah lubang 12 diameter 5 mm lebih baik dibanding dengan burner yang lain karena untuk mendidihkan air sebanyak dua liter hanya memerlukan waktu selama 15 menit dan menghabiskan bahan bakar sebanyak 48 ml, dengan temperatur api tertinggi mencapai 669,75 0 C.

Item Type:Karya Ilmiah (Tugas Akhir)
ID Number:D200050061
Uncontrolled Keywords:burner, metanol, temperatur api
Subjects:T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions:Fakultas Teknik > Teknik Mesin
ID Code:17184
Deposited By: Edy Suparno
Deposited On:05 Mar 2012 09:58
Last Modified:05 Mar 2012 09:58

Repository Staff Only: item control page