Upaya meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V V SD N Krebet I Masran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

NOVIKASARI, FALUPI (2012) Upaya meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V V SD N Krebet I Masran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Pernyataan Publikasi)
01._SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permsalahan yang terjadi di SD Negeri Krebet I yaitu rendahnya hasil belajar bahasa Jawa materi wayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar bahasa Jawa siswa pada materi wayang dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SD Negeri Krebet I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Krebet I yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi wayang. Adapun hasil penelitian ini adalah : nilai rata-rata hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas V semester II pada siklus I sebesar 69,51, pada siklus II sebesar 89,55, sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 12,90%, pada siklus I hasil belajar yang dicapai siswa menjadi 67,74% ( mengalami peningkatan sebesar 54,84%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 96,77% ( mengalami peningkatan sebesar 29,03%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa materi wayang pada siswa kelas V SD Negeri Krebet I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar bahasa Jawa, bermain peran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2012 09:54
Last Modified: 05 Mar 2012 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item View Item