Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SD ( Studi Kasus Siswa Kelas 5 SD Al Irsyad Surakarta TH 2005/2006 )

Abu Dzar, Muhammad (2007) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SD ( Studi Kasus Siswa Kelas 5 SD Al Irsyad Surakarta TH 2005/2006 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)

Abstract

Sekolah merupakan tempat transformasi ilmu yang dikemas dalam konsep pendidikan. Dalam pengembangan sikap dan perilaku pada anak harus diawali dengan minat. Minat belajar merupakan salah satu unsur sikap mental seseorang dalam kaitannya dengan aktivitas studi, disamping beberapa unsur yang lainnya, seperti unsur kedisiplinan pribadi. Minat belajar memiliki peran yang sangat besar untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Perubahan yang diperoleh individu setelah melalui proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat dipahami dengan baik oleh siswa agar dengan pemahaman ini siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian. Karena pendidikan Islam dan pengajaran bukan hanya memenuhi otak anak didik dengan segala macam ilmu yang mereka ketahui, tetapi maksudnya adalah mendidik akhlak dan jiwa mereka untuk membiasakan mengamalkan ilmunya dalam kehidupannya. Guru diharapkan mampu menyampaikan materi secara komunikatif, edukatif dan persuasif sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan dapat terpenuhi. Berdasarkan uraian diatas, maka Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang penting dalam penanggulangan perilaku yang negatif melalui interaksi edukatif yang dilakukan antara guru dan siswa. Judul penelitian skripsi ini adalah “pengaruh minat belajar terhadap prestasi pendidikan agama Islam pada siswa kelas 5 SD Al Irsyad Surakarta tahun ajaran 2005/2006” .Hipotesis yang diajukan dalam penulisan skripsi ini adalah “ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi pendidikan agama Islam pada siswa kelas 5 SD Al Irsyad Surakarta tahun ajaran 2005/2006”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan subjek siswa kelas 5 SD Al Irsyad Surakarta tahun ajaran 2005/2006. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari analisis data diperoleh diperoleh rxy sebesar 0,833. Kemudian dibandingkan dengan r tabel product moment dengan N = 30 pada taraf signifikansi 1% diperoleh bobot r tabel = 463 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh bobot r tabel = 361. Melihat hal tersebut, dimana nilai rxy hitung baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% ternyata lebih besar dari r tabel, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu : ‘‘Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 5 SD Al Irsyad Surakarta’’ diterima.Bahwa korelasi pengaruh minat belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah korelasi yang tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Prestasi Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:00
Last Modified: 18 Nov 2019 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17181

Actions (login required)

View Item View Item