Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Arab (Al- Qur'an) di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta

Saleh, Mr. Masadee (2007) Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Arab (Al- Qur'an) di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Bagian_Awal.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatra Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Al-Qur'an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam yang menjadi petunjuk kehidupan umat manusia yang diturunkan Allah SWT. Kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai salah satu rahmat yang tak ada taranya bagi alam semesta. Di dalamnya terkumpul wahyu Ilahi yang menjadi petunjuk, pedoman, dan pelajaran bagi siapa yang mencapai serta mengamalkannya. al-Qur'an adalah kitab suci yang terakhir diturunkan Allah yang isinya mencakup segala-gala pokok ajaran Syari’ah yang terdapat dalam kitab-kitab suci sebelumnya. Karena itu, setiap orang Islam mempercayai al-Qur'an untuk membacanya, mempelajari dan memahaminya serta mengamalkan dan mengajarkannya kepada setiap generasi. Masa anak-anak adalah usia yang tepat untuk diberikan pendidikan membaca dan menulis al-Qur'an, oleh sebab itu setiap orang tua memiliki tanggung jawab mengajarkan anak-anaknya al-Qur'an sejak kecil. Karena al-Qur'an memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menanamkan aqidah yang kuat pada jiwa anak (Abd.Hafizh, 2000:138). Judul yang diangkat adalah Strategi Pembelajaran Membaca Dan Menulis Arab (al-Qur’an). Dapat mengambil pengertian sebagai berikut : Penelitian lapangan mengenai bagaimana melihat serta memahami kaidah membaca dan menulis al-Qur'an yang sebenarnya dan mempraktekkan proses belajar mengajar. Dalam rangka untuk mempertinggi tingkat/ derajat bertingkah laku anak yang mengandung nilai-nilai agama khususnya bagi anak putra di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Kerten Surakarta. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi belajar yaitu pendekatan untuk menggali informasi tentang aspek pendidikan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang proses pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an yang meliputi (1) Langkah-langkah dalam pembelajaran, yaitu langkah pembukaan, langkah pengajaran inti, dan langkah penutup; (2) Metode yang di gunakan dalam pembelajaran, yaitu metode latihan, metode ceramah, dan metode tanya jawab; (3) Materi pelajaran membaca dan menulis al-Qur'an, yaitu materi Qira’ah dengan menggunakan buku Iqra’ (4) Evaluasi pembelajaran membaca dan menulis, yaitu mengevaluasi secara lisan tiap 2 kali seminggu tes hafalan satu persatu dari siswa, dan yang hafalannya sudah lancar maka diperintah ketingkat yang lebih tinggi lagi. Setelah terkumpul hasil wawancara, maka penulis melakukan analisis data dengan cara analisis kualitatif, penulis menggunakan dua kerangka berfikir yaitu deduktif dan induktif. Hasil penelitian, diketahui bahwa dari siswa tingkat (SD) pencapaian hasil membaca dan menulis al-Qur'an ternyata menunjukkan hasil yang positif rata-rata sudah bisa membaca dan menulis tapi masih dipandu oleh guru. Tingkat (SMP) pencapaian hasil membaca dan menulis al-Qur'an ternyata menunjukkan hasil yang positif artinya rata-rata dari siswa tingkatan sekolah menengah pertama ini ibadah sholat dan membaca dan menulis al-Qur'an serta akhlaknya sudah cukup baik, dan semua do’a yang diajarkan oleh gurunya sudah hafal dan beramal setiap hari. Tingkat (SMA) pada tingkatan ini membaca dan menulis al-Qur'an ternyata mareka sudah melaksanakan dengan baik buktinya mareka bisa mengajar adik kelas dan dapat beramal setiap hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Dan Menulis Arab (al-Qur’an)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2012 07:03
Last Modified: 05 Mar 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17172

Actions (login required)

View Item View Item