Upaya peningkatan keaktifan siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Everyone is Atacher here( PTK Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Kartasura)

Ningrum, Dewi Ari Septian (2012) Upaya peningkatan keaktifan siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Everyone is Atacher here( PTK Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_depan.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi Everyone Is A Teacher Here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 10.81%, sesudah tindakan naik menjadi 54.05%, 2) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 18.91%, sesudah tindakan naik menjadi 67.56%, 3) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebesar 24.32%, sesudah tindakan naik menjadi 67.56%, 4) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 13.51%, sesudah tindakan naik menjadi 70.27%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 hanya 35.13%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 naik menjadi 94.59%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran, strategi everyone is a teachere here
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Mar 2012 06:25
Last Modified: 05 Mar 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item