MULYANI , SRI (2012) PENERAPAN METODE MENGGILIR PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR P.Kn Materi Globalisasi pada Siswa KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGTURI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
cover_depan.pdf Download (118kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (BAb II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lamnpian)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dalam materi pokok globalisasi melalui penerapan metode menggilir peran pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan seluruh siswa Kelas IV SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka disimpulkan bahwa melalui penerapan metode menggilir peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011, hal ini ditunjukkan hasil rata-rata ulangan harian dalam kondisi awal dengan siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,4 atau 15,8% dan siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 11 atau 15,9%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui penerapan metode menggilir peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011, diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Menggilir Peran, Hasil Belajar PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 02 Mar 2012 10:48 |
Last Modified: | 02 Mar 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17157 |
Actions (login required)
View Item |