Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Cakraningratan No.32 Tahun Ajaran 2011/2012

RISNAWATI , LINA (2012) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Cakraningratan No.32 Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (841kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI CAKRANINGRATAN NO.32 TAHUN AJARAN 2011/2012 Lina Risnawati. A 510 080 031. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu pengetahuan Alam; 2) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam; 3) Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cakraningratan No.32. Sampel diambil sebanyak 31 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, R2dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi:Y= 43,986+1,591X1+0,365X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam dipengaruhi oleh pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,103 > 2,048 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,045 dengan sumbangan efektif sebesar 19,1%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,825 > 2,048 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009 dengan sumbangan efektif sebesar 28,2%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,581 > 3,340 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,473. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,473 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebesar 47,3%, sedangkan 52,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 02 Mar 2012 10:34
Last Modified: 02 Mar 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item