Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Hollywood Squares Review Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012

ANDRIANTO , ANDRIANTO (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Hollywood Squares Review Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (715kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran Hollywood Squares Review. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwantoro yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh:1) Motivasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 20%, setelah putaran I menjadi 61%, dan setelah putaran II meningkat menjadi 84%. 2) Hasil belajar siswa meningkat, sebelum tindakan yang mencapai KKM sebesar 38% dengan rata-rata kelas 58.27, setelah putaran I menjadi 65% dengan rata-rata kelas 70.58, dan pada putaran II meningkat menjadi 88% dengan ratarata kelas menjadi 79,04. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar IPA dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Hollywood Squares Review.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-18
Uncontrolled Keywords: Hollywood Squares Review, motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 02 Mar 2012 10:20
Last Modified: 25 Jun 2012 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17154

Actions (login required)

View Item View Item